Selasa, 08 Januari 2013

Layer Dalam AutoCAD

Layer Dalam AutoCAD adalah... baca terus biar ngerti,

cara mengatur layer autocad,layer dalam autocad, fungsi layer autocad, gambar denah rumah denag autocad
Dalam tulisan yang tetap menganut tata bahasa morat-marit sukses jaya, berikut akan saya jelaskan tentang Layer Dalam AutoCAD. Pada program autoCAD di kenal istilah layer, yaitu lapis gambar.

Yang di maksud Lapis gambar atau layer dalam autoCAD adalah perbedaan warna dan ukuran pada gambar yang di buat dengan tujuan agar gambar tersebut mudah untuk di baca dan di mengerti juga untuk mempermudah pengaturan obyek yang mempunyai karakteristik yang sama.

Dalam menggambar dengan autoCAD khususnya untuk gambar yang relative kompleks di sarankan agar gambar di buat dalam beberapa layer/lapis meskipun bisa juga di susun tanpa lapis.Seperti halnya kita menggambar secara manual dengan menggunakan rafido,tentunya kita butuh minimal 3 rafido lain ukuran bukan? Sebagai contoh Garis tepi dengan 0.5 mili,garis pokok 0.3 mili dan arsiran dengan 0.1 mili. Fungsi layer dalam AutoCAD kurang lebih sama dengan penggunaan rafido tersebut.

Ini adalah salah satu kelebihan menggambar dengan autoCAD,dimana ketebalan tiap garis bisa kita tentukan sendiri tanpa harus keluar duit membeli rafido di tambah lagi warna dari masing-masing karakter/garis bisa kita rubah, sehingga dengan mudah kita bisa membedakan karakter/garis satu dengan lainnya. Misalnya instalasi air kotor dengan air bersih atau arsir genteng dengan balok kasau.

Kita juga bisa dengan mudah mengganti layer apabila terjadi kesalahan pada saat proses menggambar sedang berlangsung. Tinggal klik ikon (seperti gambar di samping) pada object properties toolbar sehingga muncul kotak dialog Layer Properties Manager. Klik karakter yang hendak kita ganti,setelah berwarna lain tinggal masukkan data baru yang kita inginkan.

Jika layer belum pernah kita edit maka pada layer properties manager tampak kosong. Untuk menambah layer yang kita inginkan tinggal klik New (di kanan atas). Beri nama sesuai kebutuhan misal (arsir atau garis potong) Klik color untuk memilih warna layer, linetype untuk merubah garis ( sambung atau putus-putus), lineweight untuk ketebalan garis (misal 0.5 buat garis tepi). setelah selesai klik OK

Cara menggunakan layer akan autocadel posting di artikel berikutnya soalnya panjang, tapi kalo di praktekin paling cuma 2 menit. Kalo di tulis di sini capek baca nya brow,

0 komentar:

Poskan Komentar